KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusunan buku pedoman penulisan skripsi dan makalah berbahasa Arab pada Kajur PBA ini dapat diselesaikan.
Penulisan karya ilmiah baik berupa makalah atau skripsi bagi mahasiswa Kajur PBA adalah tugas yang tidak dapat dihindari, karena hampir semua matakuliah disajikan dalam bentuk makalah yang dipresentasikan dalam kelas. Begitupula pada akhir studinya mahasiswa Kajur PBA harus menulis karya ilmiah berupa skripsi yang harus dipertahankan di hadapan tim penguji baik yang berkaitan dengan materi, metodologi ataupun teknis penulisan. Oleh karena itu buku pedoman ini disusun dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan mahasiswa tersebut. Penulisan makalah dan skripsi dengan berpegangan buku pedoman ini diharapkan dapat seragam, konsisten dalam penulisaanya dan layak disebut sebagai karya ilmiah.
Demikian buku pedoman ini dibuat dengan harapan mudah-mudahan buku pedoman ini dapat dijadikan acuan bagi mahasiswa dan juga pihak lain yang berkepentingan.
Tulungagung, 2 Maret 2018
Dekan,
--------------------------------------
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL .......................................................................
SURAT KEPUTUSAN .......................................................................
KATA PENGANTAR .........................................................................
DAFTAR ISI .......................................................................................
BAB I: KETENTUAN UMUM ..........................................................
A. Skripsi ......................................................................................
B. Makalah ...................................................................................
BAB II: OBYEK KAJIAN SKRIPSI...................................................
A. Desain Pembelajaran ...............................................................
B. Materi Pembelajaran................................................................
C. Metode Pembelajaran ..............................................................
D. Media Pembelajaran ...............................................................
E. Evaluasi Pembelajaran ............................................................
F. Lingkungan Bahasa ................................................................
G. SDM Pembelajaran .................................................................
BAB III: PROPOSAL SKRIPSI.......................................................
A. Pemrograman ..........................................................................
B. Pengajuan Proposal .................................................................
H. Isi Proposal ..............................................................................
1. Bagian Awal ......................................................................
2. Bagian Utama ....................................................................
a. Proposal Peneltian Literer ...........................................
b. Proposal Peneltian Kuantitatif ...................................,.
c. Proposal Peneltian Kualitatif ......................................
BAB IV: SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI ............................
A. Bagian Awal ............................................................................
B. Bagian utama/Inti Skripsi .......................................................
1. Bagian Utama/Inti Penelitian Literer ................................
2. Bagian Utama/Inti Penelitian Kuantitatif ..........................
3. Bagian Utama/Inti Penelitian Kualitatif ............................
BAB V: TEKNIK PENULISAN........................................................
A. Ukuran Kertas .........................................................................
B. Ukuran Penulisan ....................................................................
C. Lambang Penulisan .................................................................
D. Warna Sampul ........................................................................
E. Daftar Rujukan ......................................................................
BAB V: UJIAN SKRIPSI ..................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN................................................................
1. Contoh Cover Proposal Skripsi ...............................................
2. Contoh Cover Skripsi ..............................................................
3. Contoh Pengesahan Pembimbing Proposal Skripsi ................
4. Contoh Pengesahan Pembimbing Skripsi ..............................
5. Contoh Pengesahan Ujian Proposal Skripsi ............................
6. Contoh Pengesahan Ujian Skripsi ...........................................
7. Contoh Pernyataan Keaslian ..................................................
8. Contoh Motto ........................................................................
9. Contoh Persembahan .............................................................
10. Contoh Daftar Isi Proposal Skripsii ........................................
11. Contoh Daftar Isi Skripsi .........................................................
12. Beberapa Istilah Dalam Karya Ilmiah ................................... i
BAB I
KETENTUAN UMUM
A. Skripsi
1.Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang disusun olehmahasiswa dalam rangka menyelesaikan jenjang studi strata satu (S-1).
2.Penulisan skripsidibimbing sekurang-kurangnya oleh seorang dosen pembimbing yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang berlaku.
3.Pendapat penulis yang tertuang dalam skripsi harus didukung oleh data dan fakta yang obyektif, baik berdasarkan penelitian lapangan ataupun kepustakaan.
4.Naskah skripsi ditulis dalam bahasa Arab dengan font Traditional Arabic 18 kecuali halaman sampul 20 dan catatan kaki 12.
5.Skripsi ditulis sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni.
6.Naskah/bagian isiskripsi ditulis minimal 60 halaman.
B. Makalah
1.Makalah adalah karya tulis ilmiah yang disusun dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan dalam mengikuti matakuliah tertentu.
2.Dalam proses penulisan makalah, mahasiswa dibimbing oleh dosen pengampu matakuliah.
3.Pendapat penulis yang tertuang dalam makalah harus didukung oleh data dan fakta yang obyektif, sistematis dan logis, baik berdasarkan penelitian lapangan maupun kepustakaan.
4.Naskah makalah berbahasa Arab ditulis dengan font Traditional Arabic 18 kecuali pada halaman sampul yakni 20 dan catatan kaki 12.
5.Makalah ditulis sesuai dengan bidang atau topik yang ditentukan dalam matakuliah yang sedang ditempuh mahasiswa.
6.Sistematika pembahasan dan isi makalah disesuaikan dengan ketentuan yang dibuat oleh dosen pengampu matakuliah.
7.Penulisan makalah menggunakan pedoman transliterasi yang diberlakukan oleh Program S-1IAIN Tulungagung.
BAB II
OBYEK KAJIAN SKRIPSI
Obyek kajian skripsi pada Pendidikan Bahasa Arab (S1) IAIN Tulungagung meliputi:
A. Desain Pembelajaran
1. Strategi Pembelajaran
2. Kurikulum
3. Silabus
B. Materi Pembelajaran
1. Buku teks
2. Modul
3. Bahan ajar pendukung
C. Metode Pembelajaran
1. Penggunaan
2. Pengembangan
3. Efektifitas
D. Media Pembelajaran
1. Visual
2. Audio
3. Audio visual
4. Multi media
5. E-Learning
6. Desain Media
E. Evaluasi Pembelajaran
1. Evaluasi kurikulum
2. Evaluasi program
3. Evaluasi problem pembelajaran
4. Evaluasi hasil belajar
5. Evaluasi proses belajar mengajar
6. Evaluasi kompetensi
7. Evaluasi media
8. Evaluasi materi
F. Lingkungan Bahasa
1. Sekolah/Madrasah
2. Pondok Pesantren salaf.
3. Pondok Modern
4. Masyarakat
G. SDM Pembelajaran
1. Siswa/mahasiswa
2. Guru/Dosen
BAB III
PROPOSAL SKRIPSI
A. Pemrograman
Penulisan skripsi diprogram oleh mahasiswa yang telah duduk di semester VIII (delapan) dan telah mencapai satuan kredit semester yang diwajibkan di semester I s/d VII serta telah lulus Matakuliah Metodologi Penelitian.
B. Pengajuan Proposal
1. Mahasiswa yang memenuhi syarat dapat mengajukan judul skripsi kepada Kajur PBAuntuk mendapatkan persetujuan.
2. Setelah judul skripsi mendapatkan persetujuan, maka pihak Kajur PBA menentukan dosen pembimbingnya.
3. Mahasiswa menyusun prososal skripsi atas bimbingan sekurang-kurangnya seorang pembimbing yang telah ditentukan.
4. Mahasiswa diwajibkan untuk selalu konsultasi kepada dosen pembimbingbaik dalam penyusunan proposal skripsiatau skripsi.
5. Dengan persetujuan pembimbing, mahasiswa mendaftarkan proposal skripsiuntuk diseminarkan.
6. Revisi seminar proposalskripsicukup disahkan oleh sekretaris seminar ujian proposal, kemudian diserahkan kepada Kajur PBA untuk ditentukan pembimbingskripsinya.
C. Isi Proposal
1. Bagian Awal.
a. Halaman Judul.
1). Memuat judul proposal, dibuat singkat tetapi jelas dan menunjukkan pada permasalahan yang akan diteliti dan tidak membuka peluang munculnya multitafsir. Judul diketik secara lengkap dengan Font Traditional Arabic 20dengan dicetak tebal.
2). Kataخطة البحث العلمي(Proposal Skripsi) ditulis di bawah judul 2 spasi.
3). Lambang IAIN Tulungagung diletakkan di bawah tulisanخطة البحث العلمي jarak 2 spasi.
4). Nama mahasiswa ditulis lengkap tidak boleh disingkat dan tanpa gelar kesarjanaan dan digarisbawahi. Di bawah nama dicantumkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dengan Font Traditional Arabic 20.
5).كلية التربية و العلوم التعليميةقسم تعليم اللغة العربية-ditulis dibawahnya dengan Font Traditional Arabic 20.
6). Nama institusi IAIN Tulungagung/ الجامعة الإسلامية الحكومية تولونج أجونج dengan Font Traditional Arabic 20.
7). Bulan pengajuan ditulis dibawah sendiri dengan berpedoman tahun Masehi.
b. Halaman Persetujuan(موافقة المشرف)
Halaman persetujuan memuat pernyataan dari pembimbinglengkap dengan tanda tangan dan tanggal.
c. Daftar Isi Proposal
2. Bagian Isi Proposal
a. Apabila penelitian literer (البحث المكتبي) terdiri:
1). Latarbelakang masalah (خلفية البحث).
Memuat persoalan-persolan penting atau alasan-alasan yang menjadi pengantar 1pada permasalahan yang akan diteliti dan disusun secara proporsional. Masalah-masalah tersebut bisa bersumber dari data lapangan, deduksi atau induksi dari suatu teori, laporan penelitian, buku dan lembaga atau organisasi.
2). Rumusan masalah (مسائل البحث).
Rumusan Masalah disusun secara singkat, jelas, tegas, spesifik, dan operasional yang dituangkan dalam bentuk kalimat tanya. Untuk rumusan rumusan masalah dalam penelitian literer menggunakan kata “ كيف/bagaimana?” dan atau “لماذا/mengapa?”.
3).Tujuan Penelitian (أغراض البحث)
Adalah harapan-harapan yang ingin dicapai dalam penelitian. Tujuan penelitian harus mengacu kepada isi rumusan masalah yang dituangkan dalam kalimat pernyataan.
4). Manfaat Penelitian(فوائد البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan kontribusi yang akan diberikan setelah selesai penelitiannya baik secara teoritis atau praktis. seperti untuk pengembangan ilmu atau untuk dijadikan bahan masukan dalam mengambil kebijakan.
5). Penegasan Istilah (توضيح المصطلحات).
Penegasan istilah yang dimaksud di sini bukanlah makna mufradat akan tetapi mungkin gabungan dari beberapa kata /tarkib idhafi yang mempunyai maksud tertentu.
6). Kajian Pustaka (الدراسة المكتبية) ,
Pada bagian ini peneliti menjelaskan teori atau konsep para pakar yang relevan dengan rumusan masalah.
7). Penelitian terdahulu (البحوث السابقة).
Bahasan ini ditekankan pada penelusuran karya-karya dan penelitian yang sama atau mirip pada pada masa-masa sebelumnya hingga saat penulisan proposal. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi peneliti dalam penelitian yang akan dilakukan harus dijelaskan.
8). Metodologi Penelitian (منهجية البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan prosedur yang akan dilakukan oleh peneliti dalam melakukan penelitian sejak langkah awal sampai akhir. Komponen yang harus ada adalah: jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data.
9). Sistematika Pembahasan(ترتيب البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan urutan-urutan yang akan dibahas dalam penyusunan laporan penelitian dengan kata lain sitematika pembahasan berupa mapping dari skripsi yang akan ditulis mulai dari bab pertama sampai bab penutup. . Sistematika diungkapkan dalam bentuk deskripsi singkat masing-masing bab. Sistematika pembahasan bisa juga berupa pengungkapan alur bahasan, sehingga dapat diketahui logika penyusunan dan koherensi antara satu bagian dan bagian yang lain. Karena itu ditekankan pada “mengapa” sub bab tertentu ditulis dan bukan “apa” yang ditulis.
10). Kerangka Pembahasan (إطار البحث)
Pada bagian ini peneliti membuat rancangan daftar isi yang berfungsi sebagai kerangka acuan penulisan skripsi,termasuk schedule pelaksanaan penelitian.
11). Daftar Rujukan (المراجع)
Daftar rujukan sementara berupa literatur yang akan digunakan sebagai referensi utama dalam penulisan skripsi.
b. Bagian Utama/Inti Proposal Kuantitaif (البحث الكمّيّ)
1). LatarbelakangMasalah (خلفية البحث).
Memuat persoalan-persolan penting atau alasan-alasan yang menjadi pengantar pada permasalahan yang akan diteliti dan disusun secara proporsional.
2). Identifikasi Masalah(تصنيف البحث) dan Batasan Masalah (تحديد البحث)
Bagian ini merupakan penjelasan tentang aspek-aspek yang berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi berbagai kemungkinan yang dapat dijadikan masalah. Kemudian dilakukan pembatasan masalah atau variabel penelitian secara jelas.
3). Rumusan masalah (مسائل البحث).
Rumusan masalah merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan yang hendak dicarikan jawabannya. Isi rumusan masalah adalah pernyataan yang lengkap dan rinci mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah. Rumusan masalah harus disusun secara jelas, singkat, spesifik dan operasional yang dituangkan dalam bentuk kalimat tanya.
4).Tujuan Penelitian (أغراض البحث)
Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam penelitian. Tujuan penelitian mengacu pada isi rumusan masalah. Rumusan tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.
5). Hipotesis(الافـتـراضيّة)
Hipotesis penelitian adalah jawaban sementara yang disusun oleh peneliti sebelum melakukan penelitiandan harus diuji melalui prapenelitian.
6).Kegunaan Penelitian(فوائد البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan kontribusi yang akan diberikan setelah selesai penelitiannya. Kegunaan penelitian mencakup kegunaan teoritis dan praktis. Adapun kegunaan teoritis yaitu kegunaan yang berkaitan dengan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan kegunaan praktis, yaitu kegunaan bagi instansi dan masyarakat serta peneliti berikutnya baik secara umum maupun khusus. Kegunaan penelitian ini berupa pernyataan riildan tidak mengada-ada. Kegunaan penelitian harus sinkron dengan saran (rekomendasi) di bab penutup.
7). Penegasan Istilah (توضيح المصطلحات)
Penegasan istilah yang dimaksud di sini bukanlah makna mufradat akan tetapi mungkin gabungan dari beberapa kata /tarkib idhafi yang mempunyai maksud tertentu.Penegasan istilah bukan penegasan kata, meskipun terkadang ada suatu istilah hanya terdiri dari satu kata, seperti istilah paradigmadan bukan pengertian dari kamus.
8). Landasan Teori(النظريّات)
Landasan teori berisiteori-teori atau konsep-konsep dari para pakar dan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan rumusan masalah dan variabel penelitian.
9). Kerangka Konseptual(الإطار النظري)
Kerangka konseptualadalah menjelaskan variabel yang akan digali dan dibuat dalam bentuk skema atau matrik.
10). Penelitian Terdahulu(البحوث السابقة).
Bahasan ini ditekankan pada penelusuran karya-karya dan penelitian dengan tema yang sama atau mirip pada masa-masa sebelumnya hingga saat penulisan proposal. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi peneliti dalam penelitian yang akan dilakukan harus dijelaskan. Penelitian terdahulu minimal 4 (empat) penelitian.Aspek yang ditulis dalam penelitian terdahulu meliputi; judul penelitian, rumusan masalah/pertanyaan penelitian, dan hasil penelitian.
11). Metodologi Penelitian (منهجية البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan prosedur yang akan dilakukan dalam penelitian. Adapun komponen metode penelitiannya adalah: rancangan penelitian (meliputi pendekatan dan jenis penelitian), populasi dan sampel penelitian, kisi-kisi instrumen, instrumen penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
12). Sistematika Pembahasan(ترتيب البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan urutan yang akan dibahas dalam penyusunan laporan penelitian. Sistematika diungkapkan dalam bentuk narasi singkat masing-masing bab, bukan numerik seperti daftar isi. Sistematika pembahasan bisa juga berupa pengungkapan alur bahasan, sehingga dapat diketahui logika penyusunan dan koherensi antara satu bagian dan bagian yang lain. Karena itu lebih ditekankan pada ”mengapa” ditulis dan bukan ”apa” yang ditulis.
13). Kerangka Pembahasan (outline) sementara (إطار البحث)
Pada bagian ini peneliti membuat rancangan daftar isi yang berfungsi sebagai kerangka acuan penulisan skripsi. Termasuk schedule pelaksanaan penelitian.
14). Daftar Rujukan (المراجع)
Daftar rujukan sementara berupa literatur yang akan digunakan sebagai referensi utama dalam penulisan skripsi.
c. Bagian Utama/Inti Proposal Kualitaifالبحث الكيفيّ)
1). LatarbelakangMasalah (خلفية البحث).
Berisi tentang penjelasan mengenai problematika yang akan diteliti dan alasan mengapa masalah yang dikemukakan menarik, penting dan perlu diteliti, serta belum pernah dipecahkan oleh peneliti terdahulu.
2). Fokus masalah (مسائل البحث).
Berisi tentang pernyataan-pernyataan tentang cakupan yang akan digali dan dikaji dalam penelitian. Sedangkan pertanyaan penelitian berupa pertanyaan-pertanyaan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian.
3). Tujuan Penelitian (أغراض البحث)
Tujuan penelitian merupakan gambaran tentang arah yang akan dituju dalam penelitian. Tujuan penelitian mengacu pada isi pertanyaan penelitian. Rumusan tujuan penelitian dituangkan dalam bentuk kalimat pernyataan.
4). Kegunaan Penelitian(فوائد البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan kontribusi yang akan diberikan setelah selesai penelitiannya. Kegunaan penelitian mencakup kegunaan teoritis dan praktis. Adapun kegunaan teoritis yaitu kegunaan yang berkaitan dengan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan kegunaan praktis, yaitu kegunaan bagi instansi dan masyarakat serta peneliti berikutnya baik secara umum maupun khusus. Kegunaan penelitian ini berupa pernyataan riildan tidak mengada-ada. Kegunaan penelitian harus sesuai dengan saran- (rekomendasi) di bab penutup.
5). Penegasan Istilah (توضيح المصطلحات)
Istilah-istilah yang perlu ditegaskan dalam bagian ini adalah istilah yang mengandung interpretasi beragam. Istilah yang digunakan dalam penelitian harus ditegaskan secara konseptual dan operasional. Istilah yang ditegaskan adalah istilah-istilah yang mengarah pada fokus penelitian dan menjelaskan pengertian judul yang dimaksudkan oleh peneliti. Penegasan istilah bukan penegasan kata, meskipun terkadang ada suatu istilah hanya terdiri dari satu kata, seperti istilah paradigma dan bukan pengertian dari kamus.
6). Kajian Pustaka (النظريات)
Pada bagian ini, peneliti menjelaskan teori dankonsep dari para pakar serta hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan fokus dan pertanyaan penelitian.
7). Penelitian Terdahulu (البحوث السابقة).
Bahasan ini ditekankan pada penelusuran karya-karya dan penelitian dengan tema yang sama atau mirip pada masa-masa sebelumnya hingga saat penulisan proposal. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi peneliti dalam penelitian yang akan dilakukan harus dijelaskan. Apakah penelitian terhadap persoalan yang sama sekali baru, atau mengulang penelitian yang lama dengan pendekatan yang berbeda.Penelitian terdahulu minimal 5 (lima) penelitian.Kutipan penelitian terdahulu ditulis dalam bentuk footnote. Aspek yang ditulis dalam penelitian terdahulu meliputi; judul penelitian, rumusan masalah/pertanyaan penelitian, dan hasil penelitian.
9). Metodologi Penelitian (منهجية البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan prosedur yang akan dilakukan dalam penelitian. Adapun Metodologi penelitian meliputi: Rancangan penelitian (meliputi pendekatan dan jenis penelitian), kehadiran peneliti, lokasi penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, analisis data, pengecekan keabsahan data, serta tahap-tahap penelitian.
10). Sistematika Pembahasan(ترتيب البحث)
Pada bagian ini peneliti menjelaskan urutan yang akan dibahas dalam penyusunan laporan penelitian. Sistematika diungkapkan dalam bentuk narasi singkat masing-masing bab, bukan numerik seperti daftar isi. Sistematika pembahasan bisa juga berupa pengungkapan alur bahasan sehingga dapat diketahui logika penyusunan dan koherensi antara satu bagian dan bagian yang lain. Karena itu lebih ditekankan pada ”mengapa” ditulis dan bukan ”apa” yang ditulis.
11). Kerangka Pembahasan (outline) sementara (إطار البحث)
Pada bagian ini peneliti membuat rancangan daftar isi yang berfungsi sebagai kerangka acuan penulisan skripsi. Termasuk schedule pelaksanaan penelitian.
12). Daftar Rujukan (المراجع)
Daftar rujukan sementara berupa literatur yang akan digunakan sebagai referensi utama dalam penulisan skripsi.
BAB IV
SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI
Skripsi terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian utama/inti, dan bagian akhir.
A. Bagian Awal
Bagian awal mencakup sampul, judul, persetujuan, pengesahan, motto (jika ada), persembahan, prakata, daftar tabel (jika ada), daftar gambar (jika ada), daftar lambang dan singkatan, daftar lampiran, pedoman transliterasi huruf Arab-Latin, abstrak, dandaftar isi.
1. Sampul (الغلاف)
Sampul memuat judul skripsi, maksud skripsi, lambang IAIN Tulungagung, nama dan nomor induk mahasiswa, jurusan, Kajur PBA, IAIN dan waktu penyelesaian (ditulis dengan bulan dan tahun penyelesaian).
2. Judul(موضوع البحث)
Judul berisi tulisan yang sama dengan sampul, diketik di atas kertas A4 warna putih.
3. Persetujuan pembimbing (موافقة المشرف)
Persetujuan pembimbing memuat pernyataan pembimbing skripsi lengkap dengan tanda tangan dan tanggal, bulan, dan tahunbahwa naskah skripsi mahasiswa yang bersangkutan telah diperiksa dan disetujui untuk diujikan.
4. Pengesahan(التصديق)
Pengesahan memuat pernyataan dari Dewan Penguji Skripsi lengkap dengan tanda tangan, tanggal, bulan, dan tahun dengan diketahui oleh KajurPBAdan Rektor Tulungagung bahwa skripsi mahasiswa yang bersangkutan telah dipertahankan di hadapan Dewan Penguji Skripsi.
5. Pernyataan Keaslian(بيان الأصالة)
Pernyataan keaslian adalah pernyataan penulis bahwa skripsi tersebut benar-benar tulisannya sendiri bukan hasil plagiasi, baik sebagian atau seluruhnya, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya. Halaman iniditandatangani oleh mahasiswa di atas materai Rp. 6.000,-.
6. Motto(الشعار)
Motto adalah kalimat singkat yang memuat nilai-nilai filosofisyang mencerminkan isi skripsi, sebaiknya diambilkan dari ayat Al-Qur’an atau Hadits Rasulullah saw.
7). Persembahan(الإهداء)
Persembahan ditujukan kepada personil atau lembaga yang dianggap penulis memberikan kontribusi dalam kehidupannya sehingga berhasil dalam studi.
8). Prakata(كلمة الشكر والتقدير)
Prakataberisi rasa syukur dan terima kasih kepada perorangan, lembaga, organisasi dan/atau pihak-pihak lain atas selesainya penulisanskripsi.Ucapan terima kasih ditulis sesudah rasa syukur kepada Allah Swt. Prakata ditulis tanpa menggunakan kata salam dan ditandatangani oleh penulis.
9). Daftar Tabel(دفتر الجداول)
Jika dalam skripsi terdapat lebih dari 5 tabel, maka perlu dibuat daftar tabel. Daftar tabel memuat nomor tabel, judul tabel, dan nomor halaman untuk setiap tabel.
10). Daftar Gambar (دفتر الصور)
Pada daftar gambar dicantumkan nomor gambar, judul gambar, dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam teks.
11). Daftar Lambang dan Singkatan(دفتر الرموز والاختصار)
Jika dalam skripsi banyak digunakan tanda-tanda yang mempunyai makna essensial, seperti singkatan atau lambang-lambang dalam matematika, ilmu eksakta dan teknik, maka perlu ada daftar mengenai lambang-lambang dan singkatan-singkatan yang digunakan dalam skripsi.
12).DaftarLampiran (دفتر الملاحق/ الملحقات)
Pada daftar lampiran dicantumkan nomor lampiran, judul lampiran dan nomor halaman tempat pemuatannya dalam skripsi.
13). Pedoman Transliterasi (دليل الترجمة)
Pedoman Transliterasi memuat transliterasi huruf Arab-Latin yang digunakan dalam penyusunan skripsi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Program PBA IAIN Tulungagung.
14). Abstrak (ملخص)
Abstrak memuat uraian singkat tetapi lengkap yang dibahas dalam skripsi, meliputi latar belakang, rumusan masalah/fokus penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, dan kesimpulan. Isi abstrak tidak boleh lebih dari dua halaman. Abstrak dibuat dalam Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. serta diketik satu spasi. Untuk bahasa Arab menggunakan Traditional Arabicukuran 18, dan untuk bahasa Indonesia dan Inggris dengan ukuran 12 jenis Times New Roman.
15). Daftar Isi (فهرس)
Daftar isi memuat judul bab, judul sub-sub bab dan judul anak sub-bab yang disertai nomor halaman tempat pemuatannya di dalam teks.
B. Bagian Utama Inti Skripsi
1. Bagian Utama/IntiPenelitian Literer
Bagian utama/intiskripsi literer memuat:
a). Bab IPendahuluan (مقدّمة)
Pendahuluan meliputi; latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan hasil penelitian, metode penelitian, dan sistematika pembahasan.
b). Bab II dan Bab-bab selanjutnya
Pada masing-masing pertanyaan diidentifikasi alternatif model-model pemecahan masalah atau jawabannya. Dari setiap alternatif pemecahan masalah atau jawaban pertanyaan diidentifikasi konsep-konsep yang relevan yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih alternatif pemecahan masalah atau jawaban yang tepat. Lebih lanjut, masing-masing konsep dijabarkan lagi menjadi sub-konsep berdasarkan keperluan. Di bab II akhir, dicantumkan penelitian terdahuluuntuk mengetahui persamaan dan perbedaannya dengan skripsi yang sedang diteliti sekaligus posisi penelitian tersebut di antara penelitian yang terdahulu.Secara substansial, peninjauan konsep menjadi sub-konsep-sub-konsep dilakukan untuk menyusun alur berpikir dalam pengkajian masalah. Hal ini dilakukan terhadap semua konsep yang ada. Berdasarkan uraian ini disusun bab-bab yang diperlukan. Masing-masing bab diberi judul yang sesuai.Bahan-bahan yang digunakan untuk membahas konsep dan subkonsep dicari dan dikumpulkan dari berbagai referensi yang standar, misalnya dari buku, jurnal, majalah ilmiah, makalah, atau sumber-sumber yang lainnya.
c). Bab V Penutup (خاتمة) (apabila hanya terdiri dari 5 bab).
Bab ini berisi dua sub-bab, yaitu kesimpulan dan saran. Dalam bab ini peneliti menyimpulkan hasil penelitian.
1) Rumusan kesimpulan ditulis ringkas, jelas, tidak memuat hal-hal baru di luar masalah yang dibahas dan menampakkan konsistensi kaitan antara rumusan masalah, tujuan penelitian, penyajian data, dan analisis data.
2) Isi saran harus sesuai dengan kegunaan penelitian dan harus jelas ditujukan kepada siapa yang pekerjaan atau tangungjawabnya terkait dengan permasalahan yang diteliti dan bagaimana implementasinya. Saran dapat ditujukan kepada peneliti berikutnya, jika peneliti menemukan masalah baru yang perlu diteliti lebih lanjut. Bisa juga ditujukan kepada instansi atau profesi.
2. Bagian Utama/Inti Penelitian Kuantitatif
Bagian utama (inti) skripsi terdiri dari :
a). Bab I Pendahuluan (مقدّمة)
Pada bab pendahuluan ini memuat latar belakang masalah, penegasan istilah,rumusan masalah, tujuan penelitian, kegunaan hasil penelitian, dan sistematika pembahasan.
b). Bab II Landasan Teori (النظريات)
Dalam bab ini memuat dua hal pokok, yaitu deskripsi teoritis tentang objek (variabel) yang diteliti dan kesimpulan tentang kajian berupa argumentasi dari hiposkripsi yang diajukan. Agar dapat memberikan deskripsi teoritis terhadap variabel yang diteliti, maka diperlukan kajian teori secara mendalam. Bahan-bahan kajian teori dapat diangkat dari berbagai sumber seperti jurnal penelitian, skripsi, laporan penelitian, buku teks, makalah, laporan seminar dan diskusi ilmiah, terbitan-terbitan resmi pemerintah dan lembaga-lembaga lain. Kajian teoritis diutamakan berasal dari sumber rujukan primer, yaitu bahan rujukan yang isinya bersumber pada temuan penelitian. Sedangkan sumber rujukan sekunder berasal buku ajar, buku teks, jurnal ilmiah bukan hasil penelitian dan lain sebagainya yang dapat digunakan sebagai penunjang. Pemilihan bahan rujukan yang akan dikaji didasarkan pada dua prinsip, yakni (1) prinsip relevansi dan (2) prinsip kemutaakhiran.Pada bagian ini juga dicantumkan alur pikir penelitian berupa gambar atau model hubungan teori/konseptual yang digunakan sesuai dengan batasan masalah penelitian. Penelitian terdahulu pada bagian iniditekankan pada penelusuran karya-karya dan hasil penelitian sebelumnya dengan tema yang sama atau memiliki kemiripan dengan penelitian yang akan dilakukan. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi peneliti dengan peneliti terdahulu harus dijelaskan.
c). Bab III Metodologi Penelitian (منهج البحث)
Komponen metodologi penelitiannya adalah:1) rancangan penelitian (meliputi pendekatan dan jenis penelitian), 2) populasi dan sampel penelitian, 3) kisi-kisi instrumen, 4) instrumen penelitian, 5) sumber data, 6)teknik pengumpulan data, dan7) teknik analisis data.
d). Bab IV Hasil Penelitian(نتائج البحث)
Paparan hasil penelitian berisi tentang deskripsi karakteristik data pada masing-masing variabel dan uraian tentang hasil pengujian hiposkripsi.
e). Bab V Analisa dan Pembahasan(التحليل و البحث)
Dalam pembahasan dijelaskan temuan-temuan penelitian yang telah dikemukakan pada hasil analisis uji hiposkripsi.
f). Bab VI Penutup (خاتمة)
Bab ini berisi tentang tiga hal pokok yaitu : kesimpulan, implikasi dan saran.
1) Kesimpulan (الخلاصة)
Merupakan pernyataan singkat dan tepat yang disarikan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran temuan atau hiposkripsi serta merupakan jawaban dari rumusan masalah.
2) Implikasi(تأثيرالفاعلية )
Penelitian meliputi implikasi teoritis dan implikasi praktis. Implikasi teoritis menjelaskan dampak hasil temuan penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan implikasi praktis menjelaskan dampak hasil temuan penelitian terhadap operasional di lapangan.
3) Saran-saran (الاقتراحات)
Saran-saran harus sesuai dengan kegunaan penelitian dan harus jelas ditujukan kepada siapa yang pekerjaan atau tangung jawabnya terkait dengan permasalahan yang diteliti dan bagaimana implementasinya. Saran dapat ditujukan kepada peneliti berikutnya, jika peneliti menemukan masalah baru yang perlu diteliti lebih lanjut. Bisa juga ditujukan kepada instansi atau profesi.
3. Bagian Utama/Inti Penelitian Kualitatif
Pada bagian ini memuat tentang;
a). Bab I Pendahuluan (مقدّمة)
Pendahuluanmemuat konteks penelitian, fokus penelitian dan pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, penegasan istilah, dan sistematika pembahasan.
b). Bab II Landasan Teori (النظريات)
Dalam bab ini memuat dua hal pokok, yaitu deskripsi teoritis tentang objek (variabel) yang diteliti dan kesimpulan tentang kajian berupa argumentasi dari hiposkripsi yang diajukan. Agar dapat memberikan deskripsi teoritis terhadap variabel yang diteliti, maka diperlukan kajian teori secara mendalam. Bahan-bahan kajian teori dapat diangkat dari berbagai sumber seperti jurnal penelitian, skripsi, laporan penelitian, buku teks, makalah, laporan seminar dan diskusi ilmiah, terbitan-terbitan resmi pemerintah dan lembaga-lembaga lain. Kajian teoritis diutamakan berasal dari sumber rujukan primer, yaitu bahan rujukan yang isinya bersumber pada temuan penelitian. Sedangkan sumber rujukan sekunder berasal buku ajar, buku teks, jurnal ilmiah bukan hasil penelitian dan lain sebagainya yang dapat digunakan sebagai penunjang. Pemilihan bahan rujukan yang akan dikaji didasarkan pada dua prinsip, yakni (1) prinsip relevansi dan (2) prinsip kemutaakhiran.Pada bagian ini juga dicantumkan alur pikir penelitian berupa gambar atau model hubungan teori/konseptual yang digunakan sesuai dengan batasan masalah penelitian.Penelitian terdahulu pada bagian iniditekankan pada penelusuran karya-karya dan hasil penelitian sebelumnya dengan tema yang sama atau memiliki kemiripan dengan penelitian yang akan dilakukan. Berdasarkan penjabaran tersebut, posisi peneliti dengan peneliti terdahulu harus dijelaskan.
c). Bab IIIMetodologi Penelitian (منهجية البحث)
Berisi tentangrancangan penelitian (terdiri atas pendekatan dan jenis penelitian), menjelaskan tentang alasan mengapa pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini digunakan. Peneliti harus mengemukakan jenis penelitian apa yang digunakan.
1. Kehadiran peneliti, menjelaskan tentang fungsi peneliti sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Kehadiran peneliti harus dilukiskan secara eksplisit dalam laporan penelitian. Perlu dijelaskan apakah peran peneliti sebagai partisipan penuh, pengamat partisipan, atau pengamat penuh.
2. Lokasi penelitian, menjelaskan tentang identifikasi karakteristik, alasan memilih lokasi (keunikannya), bagaimana peneliti memasuki wilayah lokasi tersebut.
3. Sumber data, menjelaskan tentang dari mana dan dari siapa data diperoleh, data apa saja yang dikumpulkan, bagaimana ciri-ciri informan atau subjek, dan dengan cara bagaimana data dijaring sehingga validitasnya dapat dijamin. Pengambilan sampel dikenakan pada situasi, subjek (informan) dan waktu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.
4. Teknik pengumpulan data, mengemukakan teknik pengumpulan data yang digunakan, misalnya observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Terdapat dua dimensi data, fidelitas dan struktur.
5. Teknik analisis data, menguraikan tentang proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkrip-transkrip wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain agar peneliti dapat menyajikan temuannya. Dalam penelitian kualitatif, analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data.
6. Pengecekan keabsahan data, memuat uraian-uraian tentang usaha-usaha peneliti untuk memperoleh keabsahan data. Agar diperoleh data dan interpretasi yang absah, maka perlu diteliti kredibilitasnya dengan menggunakan teknik-teknik perpanjangan kehadiran peneliti di lapangan, observasi yang diperdalam, trianggulasi(menggunakan beberapa sumber, metode, peneliti, teori), pembahasan dengan sejawat, analisis kasus dilakukan dengan pengecekan dapat tidaknya ditransfer ke latar lain (transferability), ketergantungan pada konteksnya (dependability), dan dapat tidaknya dikonfirmasikan kepada sumbernya (confirmability).
7. Tahap-tahap penelitian, memuat waktu pelaksanaan penelitian, mulai dari penelitian pendahuluan, pengembangan desain, pelaksanaan penelitian sebenarnya, sampai pada penulisan laporan.
d). Bab IV HasilPenelitian (نتائج البحث)
Pada bab IV berisi tentang paparan data, temuan penelitian yang disajikan dalam topik sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian dan hasil analisis data. Di dalam analisis data dipaparkan proposisi penelitian. Paparan data tersebut diperoleh melalui pengamatan (apa yang terjadi di lapangan), dan atau hasil wawancara (apa yang dikatakan oleh informan), serta deskripsi informasi lainnya yang dikumpulkan oleh peneliti melalui prosedur pengumpulan data. Temuan bisa berupa penyajian kategori, sistem klasifikasi, identifikasi dan tipologi.
e). Bab V Pembahasan (المناقشة)
Pada pembahasan memuat keterkaitan antara pola-pola, kategori-kategori dan dimensi-dimensi, posisi temuan atau teori yang ditemukan terhadap teori-teori temuan sebelumnya serta intepretasi dan penjelasan dari temuan teori yang diungkap dari lapangan (grounded theory).
f). Bab VI Penutup (الخاتمة)
Bab ini berisi tentang tiga hal pokok yaitu: kesimpulan, implikasi dan saran.
1) Kesimpulan (الخلاصة)
Merupakan pernyataan singkat dan tepat yang disarikan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran temuan atau hiposkripsi serta merupakan jawaban dari rumusan masalah.
2) Implikasi(التأثير الفاعلي)
Penelitian meliputi implikasi teoritis dan implikasi praktis. Implikasi teoritis menjelaskan dampak hasil temuan penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, sedangkan implikasi praktis menjelaskan dampak hasil temuan penelitian terhadap operasional di lapangan.
3) Saran (الاقتراحات)
Saran harus sesuai dengan kegunaan penelitian dan harus jelas ditujukan kepada siapa yang pekerjaan atau tangung jawabnya terkait dengan permasalahan yang diteliti dan bagaimana implementasinya. Saran dapat ditujukan kepada peneliti berikutnya, jika peneliti menemukan masalah baru yang perlu diteliti lebih lanjut. Bisa juga ditujukan kepada instansi atau profesi.
BAB V
TEKNIK PENULISAN
B. Ukuran Kertas
1. Jenis kertas yang digunakan untuk menulis naskah skripsi adalah A4 70 gram, warna putih. Lampiran atau lainnya yang berukuran lebih besar harus dilipat sesuai dengan ukuran A4.
2. Naskah skripsi hanya ditulis pada satu sisi halaman kertas (tidak bolak-balik).Naskah skripsi diketik dengan komputer. Tulisan Arab menggunakan huruf Traditional Arabic, untuk judul dicetak tebal ukuran 20, sub judul 18, bab 18, naskah 18, dan catatan kaki 12.
3. Margin kanan dan atas pada naskah skripsi berjarak 4 cm atau 1,58 inc, sedangkan margin kiri dan bawah berjarak 3 cm atau 1,18 inci.
4. Nomor halaman untuk bagian awal skripsi menggunakan alif, ba’, jiem dan seterusnya diletakkan di bagian tengah bawah halaman pada jarak 2 cm atau 0,79 inc. dari margin bawah.
5. Nomor halaman untuk bagian isi dan bagian akhir skripsi menggunakan angka Arab (1,2,3 dst.) diletakkan di bagian kiri atas pada jarak 2 cm atau 0,79 inc. dari margin atas, kecuali halaman yang memuat judul bab, nomor halamannya di bagian tengah bawah pada jarak 2 cm atau 0,79 inc. dari margin bawah.
C. Ukuran Penulisan
1. Tulisan dan logo pada sampul luar skripsi, tata letaknya simetris, ukuran hurufnya serasidengan menggunakan tinta hitam.
2. Judul semua unsur pada bagian awal skripsi, yakni persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji (setelah ujian skripsi), persembahan, pernyataan keaslian, abstrak, prakata, daftar tabel, daftar gambar, daftar transliterasi, dan daftar isi diketik pada bagian tengah atas dengan cetak tebal.
3. Isi abstrak ditulis dengan pola paragraf biasa dan dengan spasi tunggal.
4. Isi prakata ditulis dengan pola paragraf biasa 1,5 spasi.
5. Semua unsur dalam daftar isi ditulis 1,5 spasi, dengan jarak (antar unsur-unsur itu) dua kali 1,5 spasi.
6. Judul-judul tabel pada daftar tabel dan judul-judul gambar pada daftar gambar diberi nomor urut dan ditulis dengan spasi tunggal. Jarak antarjudul adalah satu setengah spasi.
D. Lambang Penulisan
Kategorisasi bagian isi skripsi menggunakan lambang-lambang sebagai berikut:
1. Lambang kategorisasi bab menggunakan angka alif, ba’, jim, dal tanpadiakhiri dengan titik.
2. Lambang kategorisasi anak sub bab menggunakan angka Arab yang diakhiri dengan titik.
3. Kategorisasi untuk pecahan-pecahan berikutnya secara urut menggunakan lambang-lambang: angka Arab yang diberi dua tanda kurung.
4. Kata “bab” ditulis dengan huruf tebal pada bagian tengah atas halaman dengan tata letak yang simetris, tanpa garis bawah, dan tanpa diakhiri dengan titik. Lambang kategori bab ditulis sesudah kata bab dengan jarak satu ketukan.
5. Penulisan judul anak sub bab sama dengan penulisan judul sub bab. Lambang kategori sub bab diletakkan pada posisi lurus dengan huruf awal judul sub bab.
6. Teks isi karangan ditulis dengan spasi 1,5 dan dengan pola rata kanan-kiri.
7. Baris pertama paragraf ditulis satu tab/ 5 ketukan dari pias kiri.
8. “Kutipan langsung” yang panjangnya tidak lebih dari tiga baris dimasukkan kedalam paragraf yang ada dan diapit dengan dua tanda petik untuk membedakannya dari yang bukan kutipan.
9. “Kutipan langsung” yang panjangnya lebih dari tiga baris dijadikan paragraf tersendiri, ditulis dengan spasi tunggal dan tanpa diapit dengan dua tanda petik.
10. Teks dalam tabel ditulis dengan spasi tunggal.
E. Warna Sampul
Sampul skripsi untuk PBA berwarna biru muda.
F. Penulisan Kutipan
1. Penulisan kutipan mengacu pada model catatan kaki.
2. Nomor urut kutipan dan catatan kaki ditulis dengan lebih tinggi setengah spasi dari baris biasa.
3. Naskah skripsi dan cacatan kaki dipisah dengan garis pembatas sepanjang 14 karakter dari pias kanan pada jarak 1.5 spasi dari naskah skripsi.
4. Jarak antara catatan kaki dengan garis pembatas dan jarak antar catatan-catatan kaki adalah 1 (satu) spasi.
5. Catatan kaki ditulis dengan spasi tunggal.
6. Catatan kaki memuat nama pengarang, judul buku, kota terbitan, nama penerbit, tahun terbit, dan halaman.
7. Nama pengarang ditulis tanpa mencantumkan gelar apapun.
8. Jika pengarang terdiri dari dua orang, maka nama keduanya dicantumkan semua. Jika lebih dari dua orang, maka nama yang disebut nama pertama kali saja.
9. Judul karangan ditulis lengkap, termasuk anak judulnya (kalau ada) dengan cetak miring (Italic) dengan diberi tanda titik dua.
10. Karangan yang berupa terjemahan, skripsi, atau disertasi, keterangan tentang itu dicantumkan setelah judul karangan. Khusus karangan terjemahan dicantumkan juga nama penerjemahnya.
11. Karangan yang dimuat dalam buku kumpulan karangan, majalah atau koran, sesudah judul karangan dicantumkan juga judul kumpulan karangan, nama majalah, atau koran yang memuatnya.
12. Rujukan/referensi yang tidak menyebutkan nama pengarang, tetapi menyebutkan lembaga yang menerbitkan, seperti peraturan, perundangan atau lainnya, maka nama lembaga yang menerbitkan dianggap sebagai nama pengarang.
13. Unsur-unsur informasi tentang suatu sumber dalam catatan kaki dipisah dengan koma dan tidak ditutup dengan titik.
14. Apabila terjadi pengulangan pengutipan dari satu sumber secara berturut-turut, maka keterangan untuk sumber yang kedua dan seterusnya dinyatakan dengan kata نفس المرجعyang diberi titik (.) diikuti koma (,) ditambah dengan nomor halaman jika tempat kutipan tersebut berbeda halaman dengan yang sebelumnya.
15. Apabila pengulangan pengutipan dari satu sumber terjadi secara tidak berturut-turut (sudah diselingi kutipan dari sumber lain), maka keterangan untuk sumber yang kedua dan seterusnya cukup dinyatakan dengan nama akhir penulis, dua kata dari judul karangan, dan nomor halaman.
G. Daftar Rujukan
1. Daftar rujukan disusun berdasarkan urutan abjadiyah dengan memakai entry nama pengarang.
2. Cara penulisan nama pengarang dengan mendahulukan nama akhirnya (last name), diikuti judul karangannya dengan dicetak miring. Untuk namayang menggunakan “al” ta’rif, maka yang dijadikan sebagai huruf awal dalam last name tersebut adalah huruf yang ketiga, bukan “a” pada al” ta’rif,
3. Penulisan nama pengarang yang sama untuk urutan kedua dan seterusnya, diganti dengan garis putus-putus sebanyak delapan karakter.
4. Daftar rujukan ditulis dengan spasi tunggal.
5. Jarak antar rujukan yang satu dengan yang lain adalah satu setengah spasi.
6. Rujukan yang tidak mencantumkan penerbit, keterangan tentang penerbit tersebut diganti dengan tulisan غ.م ., singkatan “غير منشورات”.
7. Rujukan yang tidak mencantumkan tahun penerbitan, keterangan tentang tahun penerbitan tersebut diganti dengan tulisan د.س., singkatan “دون السنة”.
BAB VI
UJIAN SKRIPSI
1. Ujian akhir/munaqasyah adalah ujian skripsi untuk mempertahankan hasil penelitiannya di hadapan tim penguji.
2. Aspek yang dinilai dalam ujian skripsi mencakup: (a) penguasaan materi; (b) isi; (c) metodologi; dan (d) teknik penulisan.
3. Pendaftaran naskah skripsi disertai kartu bimbingan yang ditandatangani oleh pembimbing sebanyak 8 sampai 12 kali bimbingan.
4. Naskah skripsi harus dilengkapi surat keterangan penelitian bagi penelitian lapangan.
5. Mahasiswa berhak mengikuti ujian skripsi setelah lulus ujian TOAFL dengan minimal 450.
6. Peserta ujian skripsiwajib memakai pakaian full dressuntuk laki-laki dan perempuan menyesuaikan.
7. Revisi hasil ujian paling lama tiga minggu setelah ujian.
8. Bagi mahasiswa yang sampai waktu yang ditentukan belum mengumpulkan hasil revisi ditunda kelulusannya.
9. Hasil revisi dan sinopsis skripsi dikumpulkan disertai hard copy dan soft copy dalam bentuk CD.
Lampiran 1. Contoh CoverProposal Skripsi.
تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجو
ومعهد سيدوجيري باسوروان
خطّة البحث العلمي
مقدّمة إلى كلية التربية و العلوم التعليمية في الجامعة الإسلاميّة الحكوميّة تولونج أجونج
قدّمها
الطالب: عبد الرحمن الفوزان
رقم القيد: 2841104007
تعليم اللغة العربية
كلية التربية و العلوم التعليمية
الجامعة الإسلامية الحكومية تولونج أجونج
يوليو 2015 م
Lampiran 2. Contoh CoverSkripsi.
تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجو
ومعهد سيدوجيري باسوروان
البحث العلمي
مقدّمة إلى قسم تعليم العربية بالجامعة الإسلاميّة الحكومية تولونج أجونج
قدّمه
الاسم: عبد الرحمن الفوزان
نمرة القيد: 2841104007
تعليم اللغة العربية
كلية التربية و العلوم التعليمية
الجامعة الإسلامية الحكومية تولونج أجونج
يوليو 2015 م
Lampran 3. Contoh Pengesahan Pembimbing Proposal Skripsi
موافقة المشرف
خطة البحث العلمي تحت العنوان: " تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجوومعهد سيدوجيري باسوروان" التي كتبها عبد الرحمن الفوزان، رقم القيد: 2841104007قد فتشها المشرف ووافق لتقديمها إلى مجلس المناقشة.
تولونج أجونج, 17 أبريل 2015
المشرف
أ.د. عبد الحكيم الماجستير
رقمالتوظيف: 196911011998031002
Lampran 4. Contoh Pengesahan Pembimbing Skripsi
موافقة المشرفين
البحث العلمي تحت العنوان: "تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجوومعهد سيدوجيري باسوروان"التي كتبهاعبد الرحمن الفوزان، رقم القيد: 2841104007قد فتشاها المشرفان ووافقالتقديمها إلى مجلس المناقشة.
تولونج أجونج، 23 ينايير 2015
المشرف 1 المشرف 2
أ.د. عبد الحميد، الماجستير د. سيّدة فاطمة، الماجستير
رقم التوظيف:195231131002 رقم التوظيف: 196811090031002
Lampiran 5. Contoh Pengesahan Ujian Proposal Skripsi
موافقة المناقش
خطّة البحث العلمي تحت العنوان "تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجوومعهد سيدوجيري باسوروان " التي كتبها عبد الرحمن الفوزان، رقم القيد: 2841104007 قد دافع عنها أمام مجلس المناقشة بالجامعة الإسلامية الحكومية تولونج أجونج في اليوم الخميس، 15 ينايير 2014، وقد صحّحها كما طلبه مجلس المناقشة.
تلونج أجونج، 15 مايو 2014
الكاتب
عبد الرحمن الفوزان
رقم االقيد:820000030001
Lampiran 6. Contoh Pengesahan Ujian Skripsi
موافقة مجلس المناقشة
البحث العلمي تحت العنوان: " تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجوومعهد سيدوجيري باسوروان" التي كتبها عبد الرحمن الفوزان، رقم القيد: 2841104007 قد دافع عنها أمام مجلس المناقشة بالجامعة الإسلامية الحكومية تولونج أجونج في اليوم الخميس ، 3 يوليو 2015، وقد صحّحها كما طلبه مجلس المناقشة.
مجلس المناقشة
1- الرئيس : أ. د. عبد الحميد ، الماجستير ….
2- كاتب : د. سيّد مكرم ، الماجستير
3- المناقش 1 : د. يوسف أحمدي، الماجستير
4- المناقش 2 : د.محمّد حبيب، الماجستير ...
Lampran 7. Pernyataan Keaslian
Lampiran 7. Contoh Pernyataan Keaslian
إقرار الأصالة
أنا الموقع أسفله كالآتي :
الطالب : .............................
رقم القيد : .............................
العنوان : .............................
أقسم بالله بأن هذه الرسالة تحت العنوان: "تدريس اللغة العربية بمعهد دار السلام جونتور فونوروجوومعهد سيدوجيري باسوروان " قد ألفتها أنا بنفسي إلا أجزاء ذكرت مصدرها، فإن ادعى أحد أنها من تأليفه فأنا مسؤول بكل ادعائه.
تولونج أجونج، 15 أغوسطوش 2015
المقر
عبد الرحمن الفوزان
رقم القيد : 2844124008
Lampiran 8. Contoh Motto
الشـــعار
بسم الله الرحمن الرحيم
اقرأ باسم ربك الّذي خلق {1}
خلق الإنسان من علق {2}
اقرأ وربك الأكرم {3}
الّذي علّم بالقلم {4}
علّم الإنسان ما لم يعلم {5}
{سورة العلق : 1-5}
Lampiran 9. Contoh Persembahan
الإهداء
أهدي هذا البحث إلى:
أبي منصور عدنان الحاج، و أمي نور الهداية، و أنا في دوام الحب إليهما.
أخي الكبير د. محمد سعيد في جاكرتا
أستاذيالشيخ مشهودي رضوان، رئيس المعهد دار الكمة توانج ساري
جميع أصدقائي في قسم تعليم اللغة العربية بالدراسات العليا 2012
Lampiran 10. Contoh Daftar Isi Proposal Skripsi
الغلاف .............................................................. أ
موافقة المشرف .............................................................. ب
خلفية البحث .............................................................. 1
مسائل البحث .............................................................. 5
أغراض البحث .............................................................. 6
فوائد البحث .............................................................. 8
توضيح المصطلحات .............................................................. 9
الدراسات المكتبيّة .............................................................. 11
البحوث السابــقة .............................................................. 13
طريـقة البحث .............................................................. 15
ترتيب البحث .............................................................. 16
إطار البحث .............................................................. 17
المراجع .............................................................. 19
Lampiran 11. Contoh Daftar Isi Skripsi
فهرس
الغلاف أ
موافقة المشرفين ب
موافقة مجلس المناقشة ج
تــصديق الأصالة د
الشعار ه
الإهداء و
كلمة الشكر و التقدير ز
جداول الملحقات ح
دليل الترجمة ط
الملخص ي
فهرس ك
الباب الأول : المقدمة 1
. أ. خلفية البحث 1
ب. مسائل البحث 5
ج. أغــــراض البحث 6
د. فوائد البحث 7
هـ. توضيح المصطلحات 9
و. طريقة البحث 10
ز. ترتيب البحث 12
الباب الثاني: النظريات 14
أ. تدريس اللغة العربية في المعاهد 14
ب. الأنشطات في تدريس اللغة العربية في المعاهد 17
الباب الثالث: منهج البحث 24
أ. تصميم البحث ومكانه 24
أ. مدخل البحث 28
ب. مصادر الحقائق 34
ج. المعاينة 41
د. تحليل الحقائق 44
هـ. صحة الحقائق 47
الباب الرابع : لمحة عن معهد دار السلامجونتور فونوروجوومعهد
سيدوجيري باسوروان 49
أ. تاريخهما، وتطورهما، وموقعهما، ووضعهما القانوني 49
ب. تريتيب المنظمة في كل منهما 52
ج. تسهيلات والمعادلات ومنهج التعليم والأنشطة فيهما 56
د. تقديم الحقائق 59
هـ. التحليل 79
الباب الخامس: تدريس اللغة العربية في معهد دار السلام جونتور
فونوروجوجونتور فونوروجوومعهد سيدوجيري باسوروان 101
أ. الأنشطة في تدريس اللغة العربية فيهما 101
ب. العوامل المساعدة على تدريس اللغة العربية فيهما 110
ج. العوامل العائقة نحو تدريس اللغة العربية فيهما 116
د. أسباب نجاح تدريس اللغة العربية فيهما 128
هـ. التحليل 130
الباب السادس: الخاتمة 150
أ. التلخيص 150
ب. الإقتراحات 152
المراجع 154
1). المراجع العربية 154
2). المراجع الأجنبية 160
الملحقات 166
BEBERAPA ISTILAH DALAM KARYA ILMIAH
Abstrak ملخص
Alamat عنوان
Alumni خرّيج
Analisis data تحليل البيانات
Analisis informasi تحليل المعلومات
Analisis item تحليل البنود
Analisis kesalahan تحليل الأخطاء
Analisis التحليل
Analisis ملاحظة
Assessmen تقديم
Atribut ekperimen آلات المجرب
Balai percobaan محطّة التجريبيّة
Batasan masalah تحديد البحث
Bias متحيّزة
Catatan المذكّرة
Contoh مثال
Daftar isi فهرس
Daftar pustaka المراجع
Data base قاعدة معلومات
Data بيانات، حقائق
Deduksi إستنباط
Desain ekpiermen تصميم التجربة
Desain التصميم
Desertasi رسالة الدكتوراة
Dewan guru مجلس الأساتذة
Dewan penguji مجلس المناقشة
Dokumentasi وثيقة/ وثائق
Editor محرر
Efek minimal تأثير أدنى
Ekplanasi/keterangan التفسي
Ekplorasi استكشاف
Entri data إدخال بيانات
Estimasi تقدير
Evolusi تطوّر
Feedback تغدية عكسيّة
Fenomena ظاهري/ ظواهر
Fifty-fifty مناصفة
Foot noot الحاشية
Formulasi صياغة
Garis mendatar سطر أفقيّ
Gaya سياق
Generalisasi تعميم
Guru teladan الأستاذ النموذجيّ
Halaman صفحة
Hambatan إعاقة
Hard copi الورق المطبوع
Hoposkripsi الافتراضية
Hubungan التضام
Ilustrasi إيضاح
Implikasi التأثير
Implisit ضمني
Indeks كشّاف
Indikator مؤشر
Inquiri استفسار:
Instrument penelitian أدوات البحث
Interfensi تدخّل
Interpretasi تأويل
Interval الفترة
Intervensi التدخّل
Interviu إستبار
Isyarat إيماء
Judul العنوان
Kartu البطاقة
Kegunaan penelitian فوائد البحث
Kemampuan إحتمال، إمكانيّة
Kerangka pembahasanإطار البحث
Kesederhanaan بساطة
Keterangan التقرير/ الشرح
Klasifikasi التصنيف
Koesener penelitian سؤال للبحث
Kognitif معرفة
Kolom عمود
Komparasi مقارن
Komparatif مقارنة
Konflik صراع
Konklusi المغزى
Konklusi نتيجة
Konsideran إجماع
Konten محتويات
Kontruksi afekti f بنية وجدانيّة
Koreksi تصحيح
Korelasi internal إرتباط داخلي
Korelasi parsial إتباط جزئي
Korelasi penuh إرتباط تام
Korelasi إرتباط
Kredibel جدير بالثقة
Kreteria محكّ
Kurikulum منهج الدراسة
Laboratorium bahasa المعمل اللغوي
Laboratorium المعمل
Lampiran الملحقات
Latihan التمرين
Lulus ناجح
Materi وحدة
Matrik مصفوفة
Medan, lapangan مجال/ميدان
Memorandom مذكّرة
Metode pembahasan طريقة البحث
Model هيئة، شكل
Motto الشعار
Narasi تعليق
Nomor induk رقم القيد
Nomor random أرقام عشويّة
Observasi partisipanالملاحظة بالمشاركة
Opsi إختيارات
Organisasi mhs الحركة الطلاّبيّة
Original أصالة
Paraf التوقيع
Pedoman transliterasi دليل الترجمة
Pedoman دليل
Pembimbing المشرف
Pemeriksa المفتّش
Pendalaman التركيز
Pendekatan مدخل
Penelitan aplikasi بحث تطبيقي
Penelitian ilmiah بحث عملي
Penelitian lapangan بحث ميداني
Penelitian pustaka بحث مكتبي
Pengesahan الموافقة
Penutup خاتمة
Pernyataan إقرار
Pernyataan keaslian إقرار الأصالة
Pernyataan keaslian إقرار الأصالة
Persembahan الإهداء
Persen في المائة
Persepsi إدراك
Pertanyaan reviu أسئلة مراجعة
Planning/ mapping تخطيط
Pondok pesantren المعهد
Populasi مجتمع
Postulat مسلمات
Potensi احتماليّة
Pragmatis التداوليّة
Prakata كلمة الشكر والتقدير
Presentasi عرض
Prioritas أوليّة
Pemecahan masalahحلّ المشاكل
Problem مشكلة
Produktifitas إنتاجيّة
Profil penduduk الهرم السكاني
Proposisi قضيّة
Prosedur evaluasi اجراءات تقويم
Prosedur tes إجراء الاختبار
Random عشوائي
Rasio النسبيّة
Rata-rata متوسط
Reaksi تفاعل
Realitas حقيقة، واقع
Reduksi data تقليص البيانات
Reduksi تخفيض
Referensi مرجع
Relasi علاقة
Replikasi تكرار
Respon استجابة
Responden مستجيب
Review مراجعة
Ringkasan الخلاصة
Rubric ركن
Rumus رمز
Rumusan masalah مسائل البحث
Sampel kuota عينة حصصيّة
Sampel random عينة العشويّة
Sampel عينة
Sampling معاينة
Sampul غلاف
Segi intelektualitas الناحية العقليّة
Sekolah teladan المدرسة النموذجيّة
Sekretaris السكرتير/ الكاتب
Sensor مراقبة
Seperempat رُبُع
Sepersepuluh عُشُر
Sepertiga ثُلُث
Setengah نصف
Sikap, prilaku اتجاهات
Solidaritas تضامن
Standar taksonomi التصنيف المعياري
Standarisasi معيار/ تقنين
Statistic إحصاء
Statistik penduduk إحصاء الإجتماعيّة
Stempel الختم/الطبع
Stimulus إثارة
Struktur بنية
Studi komparatif دراسة مقارنة
Studi kritik دراسة نقديّة
Studi lanjutan دراسة تتبعيّة
Studi lapangan دراسة ميدانيّة
Studi pustaka دراسة مكتبية
Subjek ذات
Survey dengan sampelمسح بالمعاينة
Survey via e-mail مسح بالبريد
Survey مسح
Ta’rif konseptual تعريف نظري
Ta’rif operasional تعريف إجرائي
Table جدول
Tabulator آلة التبويب
Taksonomi التصنيف
Tanda tangan إمضاء
Tanda tangan الإمضاء
Tanpa nomor غير مرقّم
Teknik أسلوب
Tema pembahasan موضوع البحث
Teori نظريّة
Terminology مصطلاح
Tes kecerdasan اجتبار القدرة
Tes penempatan اختبار تصنيف
Tes random إختبار العشويّة
Tes secara acak أخطاء عشوائية
Tes إختبار
Skripsi رسالة الماجستير
Tingkatan herarki التدرج الهرمي
Tingkatan رتبة
TK روضة الأطفال
Topic الموضوع
Unik الفريدة
Validitas eksperimen الصدق التجريبي
Validitas تصديق
Variabel bebas متغيّر مستقلّ
Variabel berkelanjutanمتغيّر مستمرّ
Variabel kualitatif متغيّر كيفيّ
Variabel kuantitaif متغير كمّي
Variable متغيّر
Variansi تباين
Verifikasi تحقيق
Votin تصويت

Komentar
Posting Komentar